Minggu, 27 November 2011

MENGENAL LINUX

Apa itu Linux??

           Jujur saja saya baru pertama kali kenal dengan Linux ,…saat kuliah ada mata kuliah praktik dengan Linux,..jadi mau tidak mau kami harus menguasai Linux,…untung saja saya punya teman yang sudah mengenal Linux lebih dulu,..jadi saya kalau ada kesulitan praktik sering sharing dengannya,..
Apa sih sebenarnya Linux itu??

            Linux pada dasarnya adalah sistem operasi seperti Windows. Seperti juga Windows yang mempunyai banyak versi ada Windows 98,xp,vista dan terakhir windows 7. Pada system operasi Linux kita juga mengenal banyak sekali distribusi Linux ada RedHat, Fedora, Mandrive, Backtrack, Blankon, Ubuntu, dll. Memang berbeda dengan Windows hanya dibuat dan dikembangkan oleh pihak microsoft, berbagai distro Linux ini dikembangkan oleh banyak kelompok orang , komunitas atas perusahaan.


           Perbedaan yang paling mendasar antara Windows & Linux adalah mengenai Hak Cipta-nya. Windows adalah ilegal / melanggar hukum jika kita mengcopy / membajak CD-nya untuk diedarkan dan diperdagangkan. Pada Linux memang perangkat lunak tersebut bebas / gratis bisa diperoleh di internet, dapat digandakan, diedarkan dengan bebas, semua tanpa ada konsekuensi pelanggaran terhadap hukum. Karena Linux memang menggunakan hak cipta publik yang dikenal sebagai GNU Public License (GPL). Penjelasan lebih detail tentang GPL bisa dibaca di http://www.gnu.org. GPL pada dasarnya berusaha memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi si pencipta perangkat lunak untuk mengembangkan kreasi perangkatnya dan menyebarkannya secara bebas di publik. Tentunya dalam penggunaan GPL ini kita masih diikat dengan norma, nilai dan etika.

           Karena Linux menggunakan lisensi GPL, maka linux dapat digunakan dengan bebas, bahkan source codenya pun tersedia. Distro linux dapat diperoleh dengan cara download langsung ke situs pengembangnya atau ke mirror-mirror local yang menyediakan akses download iso linux ( http://blog.jualanlinux.com/ )



           Dalam praktikum mengenai pengenalan sistem operasi Linux, saya menggunakan Linux Ubuntu 8.04 Hardy Heron. Disini Linux Ubuntu Hardy Heron menggunakan dekstop GNOME yang berbasis GTK+. Dalam Linux Ubuntu Hardy Heron ini terdapat beberapa aplikasi diantaranya adalah disk usage analyzer, take sreenshot, terminal, text editor, GIMP, pidgin, Mozilla Firefox, totem movie player, XMMS, samba, dan lain-lain.

            Aplikasi disk usage analyzer berfungsi untuk menampilkan kapasitas harddisk pada PC yang sedang digunakan. Disini kita dapat mengetahui kapasitas hardisk secara detail, yaitu kapasitas hardisk, kapasitas partisi, dan juga kapasitas yang digunakan oleh suatu program. Aplikasi disk usage analyzer dalam menganalisis pemakaian harddisk memberikan laporan dalam bentuk teks maupun grafis. Dengan aplikasi ini, kita dapat mengetahui direktori mana saja yang mengonsumsi ruang harddisk kita. Untuk dapat mengakses aplikasi disk usage analyzer adalah melalui menu Aplications> Accessories> disk usage analyzer, ataupun dengan meng-klik shortcut-nya pada dekstop atau panel yang telah tersedia yaitu dengan terlebih dahulu membuat shortcut-nya pada panel atau dekstop. Untuk menganalisa direktori home maka kita Klik tombol “Scan Home”, sedangkan untuk menganalisa seluruh sistem maka kita Klik “Scan Filesystem”, dan untuk memilih tampilan grafis lainnya maka kita Klik “View as Right Chart”.



            Aplikasi take sreenshot pada Linux ternyata sama dengan Print Screen pada Windows dan system operasi yang lain. Take sreenshot pada Linux Ubuntu ini digunakan untuk menangkap gambar yang terlihat di layar komputer kita baik itu seluruh layar, windows tertentu, maupun bagian tertentu pada layar. Dalam Linux Ubuntu 8.04 Hardy Heron ini ada dua pilihan pada take sreenshot, untuk mengambil gambar keseluruhan dekstop kita pilih “ grab the whole dekstop”, sedangkan untuk mengambil gambar pada window yang aktif saja kita pilih “grab the current window”, setelah itu kita pilih perintah take screenshot lalu kita simpan pada direktori yang kita inginkan. Pada versi Linux Ubuntu keluaran terbaru seperti Ubuntu 9.04 Jauntry Jackalope atau Ubuntu 9.10 Kermic Koala terdapat tiga pilihan take screenshot, pilihan pertama dan kedua sama seperti Ubuntu 8.04, yang berbeda adalah pada pilihan ketiga jika kita ingin mengambil gambar bagian tertentu pada layar kita dapat memilih “grab a selected area”. Untuk dapat mengakses aplikasi take screenshot adalah melalui menu Aplications> Accessories> take screenshot.

            Aplikasi terminal pada Linux berfungsi untuk berinteraksi dengan komputer, caranya adalah dengan mengetik perintah-perintah tertentu. Terminal di Linux fungsinya sama dengan Command Prompt di Windows. Untuk dapat menjalankan terminal di Linux kita harus mengetahui perintah-perintahnya terlebih dahulu. Jauh sebelum grafis komputer sehebat sekarang, satu-satunya cara berinteraksi dengan komputer yaitu melalui terminal. Untuk menjalankan aplikasi terminal ini adalah melalui menu Aplications> Accessories> terminal.




            Aplikasi text editor pada Linux sama dengan notepad atau wordpad pada Windows. Text editor berfungsi untuk mengetikkan tulisan sederhana. Setelah tulisan ditulis dalam text editor dapat disimpan didirektori yang kita inginkan. Untuk menjalankan aplikasi text editor ini adalah melalui menu Aplications> Accessories> text editor.



            Aplikasi GIMP pada Linux Ubuntu adalah program aplikasi garfis. GIMP berfungsi untuk editing foto dan grafis berbasis open source. GIMP merupakan image editor alternatif selain Adobe Photoshop. GIMP dilengkapi tools yang lengkap untuk menggambar, memiliki banyak efek grafis, dukungan terhadap format yang lengkap. Untuk menjalankan aplikasi GIMP ini adalah melalui menu Aplications> Graphics.> GIMP.

            Aplikasi Pidgin pada Linux merupakan aplikasi untuk chatting. Aplikasi ini mirip dengan yahoo mesenger. Aplikasi ini bersifat multi protokol, artinya dapat berjalan menggunakan yahoo messenger, google talk, MSN dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah dengan menggunakan akun Facebook untuk chatting. Untuk memulainya kita Klik icon Pidgin, lalu untuk memasukkan account pilih menu Account> Add/Edit (apabila sudah memiliki account). Pada jendela Add Account klik pada Add, pilih yahoo misalnya lalu klik Save. Selanjutnya akan muncul kotak dialog, lalu masukkan pastword, lalu klik ganda pada daftar teman online untuk memulai chatting.

              Aplikasi Mozilla Firefox, browser gratis ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan browser lainnya. Untuk menjalankan Mozilla Firefox kita pilih menu Aplications> Internet> Firefox Web Browser.

            Aplikasi untuk memutar file video ada totem movie player.Untuk menjalankannya melalui menu Applications > Sound & Video > Totem Movie Player.



            Dan aplikasi untuk memutar file audio salah satunya ada Rhythmbox.Untuk menjalankannya melalui menu Applications > Sound & Video > Rhythmbox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer